Minggu, 30 Agustus 2020

Sejarah Penemuan Mikroskop


Bagaimana Mikroskop Ditemukan?

Penemuan mikroskop bermula dari penemuan mikroskop oleh Zacharias Jansen dan Hans Jansens pada tahun 1590. Mikroskop pada kala itu mampu memperbesar obyek hingga 150 kali dari ukuran aslinya. Rancangan Jansen kemudian dikembangkan oleh Galileo yang kemudian menemukan mikroskop optik di tahun 1610.
Mikroskop terus berkembang, terlebih setelah seorang Antonie Van Leeuwenhoek mempopulerkan dan memproduksi mikroskop sederhana. Dia bukanlah seorang peneliti melainkan penjual kain yang membuat alat untuk membantu pelanggannya memastikan kain-kain yang dijualnya memiliki kualitas yang unggul. Namun demikian dia sangat tertarik pada dunia mikroskopik. 500 surat laporan sebagai hasil pengamatannya menggunakan mikroskop.Berikut ini adalah wujud dari microskop Leeuwenhoek:

Mikroskop Leeuwenhoek


Dengan menggunakan mikroskop ini dia dapat memperbesar bayangan benda hingga 200 kali. Leeuwenhoeklah yang menjadi orang pertama melakukan pengamatan terhadap setetes genangan air juga menemukan mikroorganisme yang kemudian disebutnya dengan animaculate (saat ini dikenal dengan protozoa), bahkan pada masa itu dia telah menemukan keberadaan bakteri.

Pengembangan mikroskop pun terus berlanjut, diantaranya adalah temuan Robert Hooke yang menumpuk lebih banyak lensa pada lempengan perak sehingga mencapai perbesaran yang lebih tinggi. Diapun menjadi orang pertama yang menemukan teori tentang sel. Wujud microskop Hooke adalah sebagai berikut:

Mikroskop Hooke

Mikroskop Hooke telah menggunakan dua lensa untuk pengamatan, yakni satu lensa obyektif dan satu lagi lensa di dekat mata pengamat yang disebut eyepiece atau saat ini dikenal dengan lensa okuler. Konsep inilah yang kemudian berkembang menjadi mikroskop cahaya yang saat ini banyak digunakan di sekolah-sekolah. Mikroskop cahaya memiliki kemampuan perbesaran hingga 1000x dari ukuran aslinya dan mempunyai daya urai atau resolusi hingga 0,0002 mm. 

Mikroskop Cahaya

Bahkan di tahun 1932 Ernst Ruska dan Max Knoll telah memulai pengembangan mikroskop elektron yang mampu memperbesar hingga 2 juta kali perbesaran dengan memanfaatakan elektron sebagai elemen yang berkarakter cahaya dan medan listrik/magnet sebagai lensa atau cerminnya dalam ruang hampa.

Mikroskop Elektron Temuan Ernst Ruska






0 komentar:

Posting Komentar