Minggu, 23 Agustus 2020

Tahapan Budidaya Pembenihan Ikan Lele


Lele

Kita telah membahas besarnya peluang dan potensi keuntungan dari Usaha Budidaya Lele pada artikel Peluang Usaha Lele.

Usaha budidaya lele meliputi dua segmen, yakni segmen pembenihan dan segmen pembesaran. Sesuai dengan KD 3.1 pada Mapel Prakarya dan Kewirausahaan Bidang Budidaya kelas XI maka segmen yang selanjutnya akan dibahas adalah Segmen Pembenihan. Usaha pada segmen ini membutuhkan keterampilan dan ketelitian. 

Yuk kita pelajari bersama!

Pada laman Dinas Perikanan Kabupaten Pemekasan disebutkan bahwa budidaya lele dapat dilakukan dengan memanfaatkan berbagai tipe kolam dan teknik budidaya. Kolam yang digunakan mulai dari kolam tanah, kolam terpal, kolam semen, bahkan kolam fiberglass. Tekniknya pun variatif mulai dari skala tradisional, semi intensif, intensif, hingga sistem bioflok. 

Sebelum memasuki tahapan-tahapan budidaya, pengusaha/pembudidaya lele perlu mengetahui kebutuhan pembudidayaan lele sebagai berikut:
  • ikan lele bertahan hidup pada kisaran suhu 20-28 derajat C
  • sumber air bebas dari polutan dan mikroorganisme jahat
  • kondisi perairan tenang dan terbuka
Artinya poin-poin di atas harus terpenuhi dalam tahapan-tahapan pembudidayaannya.

Tahapan dari budidaya lele segmen pembenihan meliputi:
  1. persiapan media
  2. pemilihan induk
  3. pemijahan
  4. pemeliharaan larva
  5. pendederan
Silakan klik pada masing-masing tahapan untuk penjelasan masing-masing!
Salam Semangat!

Sumber Referensi
Tahapan Budidaya Ikan Lele untuk Pemula.https://portalusaha.com/peluangusaha/tahapan-budidaya-ikan-lele-untuk-pemula.html. Diakses pada Minggu, 23 Agustus 2020.
Inilah 6 Tahapan untuk Ternak Lele Pemula dengan Hasil Maksimal. https://www.infoagribisnis.com/2017/01/ternak-lele-pemula/. Diakses pada Minggu, 23 Agustus 2020.
Mari Mengenal Teknik Budidaya Lele Tingkat Dasar.https://perikanan.pamekasankab.go.id/mari-mengenal-teknik-budidaya-lele-tingkat-dasar.html. Diakses pada Minggu, 23 Agustus 2020.

0 komentar:

Posting Komentar