Selasa, 28 April 2020

Soal HOTS Komponen Ekosistem beserta Pembahasan

"Pembelajaran yang bermakna adalah pembelajaran yang melibatkan proses berpikir dalam mengolah pengetahuan yang dimiliki untuk memecahkan persoalan-persoalan kontekstual."
Berikut ini adalah soal HOTS tentang komponen ekosistem yang dapat digunakan untuk mengajak siswa berpikir dan menyusun pemahaman utuh tentang komponen ekosistem secara mandiri. 

SOAL HOTS:

Video berikut ini menunjukkan beberapa macam ekosistem yang ada di Indonesia, silakan simak dengan baik!

  1. Catatlah obyek-obyek yang teramati dalam video!
  2. Cobalah untuk mendeskripsikan tersusun dari apa sajakah ekosistem berdasarkan hasil pengamatanmu! 
  3. Lakukanlah kajian literatur/studi referensi tentang komponen ekosistem!
  4. Adakah komponen ekosistem yang kamu baca dari literatur tetapi sulit untuk teramati dalam video? 
  5. Mengapa?

Pembahasan:

Video 100% Indonesia menggambarkan khasanah Hutan Nusantara dengan kekayaan keanekaragaman hayati yang luar biasa. Dari tayangan tersebut kita juga dapat melihat adanya aktivitas kehidupan yang terjadi melibatkan interaksi antara satu objek dengan objek lainnya.  Obyek-obyek yang tampak dalam video antara lain: pohon, jamur, hewan-hewan vertebrata, serangga, manusia, tanah, air, batuan, sinar matahari, dan topografi (tinggi rendah permukaan bumi). Berdasarkan hasil pengamatan tersebut maka ekosistem tersusun dari makhluk hidup dengan lingkungannya ( air, tanah, sinar matahari).

Kajian Literatur tentang Komponen Ekosistem

Ekosistem tersusun atas dua komponen utama, yakni komponen biotik dan komponen abiotik. Komponen biotik meliputi semua makhluk hidup yang terdapat di dalamnya mulai dari mikroorganisme seperti bakteri dan jamur, tumbuhan juga hewan. Komponen abiotik menurut laman National Geographic adalah bagian tak hidup dari ekosistem yang membentuk lingkungannya. Tidak hanya mencakup cahaya matahari, air, tanah dan udara tetapi juga termasuk kondisi fisik dan kimia yang ada di lingkungan misalnya seperti suhu, kelembaban, pH, salinitas (kadar garam), bahkan topografi dan iklim.

Bila dibandingkan dengan hasil dari kajian literatur maka komponen abiotik ada yang tidak teramati hanya dengan menonton video, komponen seperti suhu, kelembaban dan pH misalnya, tidak tampak namun ada dan menjadi bagian dari ekosistem hutan nusantara. Komponen ini tidak tampak karena merupakan kondisi fisik dan kimia dari lingkungan yang membutuhkan pengukuran langsung untuk mengetahui/mengamatinya. Meskipun tidak tampak keberadaan komponen ini sangat menentukan sistem yang bekerja/terjadi didalam ekosistem. Masing-masing komponen tersebut saling mempengaruhi satu sama lain.  Sebagai contoh intensitas matahari dengan suhu, apabila intensitas matahari tinggi maka suhu udaranya juga tinggi hal, sebaliknya apabila intensitas mataharinya rendah maka suhunya juga rendah. Keadaan ini juga mempengaruhi komponen biotik di dalamnya. 

Untuk melengkapi pemahaman tentang komponen ekosistem, kalian dapat menyimak video berikut:

Demikian pembahasan kita hari ini,
Semoga bermanfaat!



0 komentar:

Posting Komentar