Selasa, 12 Mei 2020

SOAL HOTS Perubahan Lingkungan

Manusia dan Lingkungan

Tidak dapat dipungkiri bahwa lingkungan berpengaruh besar terhadap keberlangsungan hidup manusia. Hal ini dikarenakan lingkungan memiliki daya dukung yang memenuhi kebutuhan manusia, baik berupa bahan baku proses metabolisme tubuh seperti oksigen misalnya atau tempat untuk tinggal yakni hamparan tanah sebagai dasar bangunan.
Keseimbangan lingkungan penting demi menjaga keberlanjutan kehidupan tersebut. Namun kenyataannya lingkungan terus mengalami perubahan, baik karena faktor alam atau pun campur tangan manusia dalam sistemnya. 
Yuk kita pahami tentang Perubahan Lingkungan dengan mengkritisi beberapa persoalan berikut:
Persoalan 1
Isu tentang Jakarta tenggelam telah sering digaungkan, namun apa yang sebenarnya terjadi. Mari melihat lebih dekat dengan menonton tayangan tentang ekploitasi air tanah yang memicu penurunan tanah di Jakarta berikut!
Misi kalian adalah melakukan investigasi mengapa hal tersebut dapat terjadi dan solusi seperti apa yang dapat kamu tawarkan untuk menyelesaikan persoalan ini? Mulailah dengan menggali mengapa masyarakat mengekploitasi air tanah, lalu dekripsikan dampak perubahanan lingkungan yang terjadi akibat ekploitasi tersebut lengkap dengan solusinya.
Persoalan 2
Isu lain yang mencengangkan adalah soal impor sampah, yuk simak salah satu beritanya
Apa pendapatmu tentang impor sampah setelah menonton tayangan di atas? Seberapa berbahayakan sampah bagi lingkungan? Apa saja jenis polutasi yang diakibatkan sampah, dan apa saja polutan yang terkandung di dalam sampah? Cobalah membuat langkah strategis untuk menyelesaikan persoalan sampah tersebut! 
Persoalan 3
Isu terakhir yang harus kalian gali adalah tentang krisis air, mari belajar dari video berikut
Apa pendapatmu tentang krisis air dalam tayangan video? Apa yang bisa kita lakukan agar krisis tersebut tidak harus terjadi di wilayah sekitar kita?

Nah untuk mendapat penilain dan feed back silakan input jawaban kalian pada form berikut ini.

1 komentar: