Minggu, 10 Mei 2020

Sistem Endomembran dan Fungsi Lisosom

Tumbuhan dan Hewan adalah makhluk hidup multiseluler yang memiliki kompleksitas tinggi. Salah satu kekhasan yang dimiliki keduanya adalah adanya sistem endomembran. Apa itu sistem endomembran? Untuk dapat memahaminya mari simak Pembentukan Organel Lisosom pada video berikut:
Video di atas menunjukan bagaimana lisosom dibentuk dan perannya dalam sel. Lisosom sebagai organel pencernaan mengandung enzim hidrolitik. Dalam video enzim hidrolitik tersebut adalah turunan dari asam nukleat, lemak dan karbohidrat. Dari mana bahan/zat tersebut berasal? Bahan-bahan ini dikoding dari inti oleh RE (Retikulum Endoplasma). Hasilnya kemudian ditransportasikan dari RE menuju ke Badan Golgi dalam bentuk vesikula-vesikula. Golgi yang kemudian memrosesnya menjadi substrat yang dibutuhkan tubuh, misalnya dalam bentuk lisosom. Proses pembentukan lisosom melibatkan:
  1. inti sel
  2. RE Kasar
  3. RE Halus
  4. Badan Golgi
  5. Vesikula
Keterlibatan organel-organel tersebut menandai adanya keterkaitan berbagai jenis membran di dalam sel baik secara langsung maupun melalui pembentukan vesikula. Inilah yang dimaksud dengan sistem Endomembran.
Adapun peran lisosom yang ditunjukkan dalam tayangan yaitu
  • mencerna bahan/zat yang masuk ke dalam sel ( Sel yang memfagosit mikroba misalnya membentuk vakuola makanan, lisosom akan fusi dengan vakuola makanan dan mencerna mikroba tersebut menggunakan enzimnya)
  • menghancurkan organel yang tidak dibutuhkan lagi ( Proses ini dikenal dengan sebutan autofagi, dimana organel sel, protein atau membran dihancurkan oleh enzim dalam lisosom setelah terjadi fusi terlebih dahulu.)


0 komentar:

Posting Komentar