Selasa, 05 Mei 2020

Aturan Minum Air Putih Saat Puasa ini Cegah Dehidrasi

Menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan adalah kewajiban bagi umat islam. Selama menjalankan ibadah ini seorang muslim harus menahan untuk tidak makan dan minum dari mulai terbit fajar hingga terbenamnya matahari. Sementara itu tubuh tetap membutuhkan air yang cukup agar terhindar dari dehidrasi.
Minum Air Puttih
Air Yang Penting Bagi Tubuh

Dehidrasi dapat menyebakan saraf sensoris di dalam hipotalamus otak mengirim sinyal untuk mengeluarkan hormon antidiuretik, yang direspon oleh ginjal dengan membentuk aquaporin. Aquaporin ini membuat darah menyerap dan mempertahankan air lebih banyak. Peristiwa ini ditandai dengan air seni/kencing yang berwarna gelap dan pekat.
Lebih buruk lagi bagi orang yang mengalami dehidrasi akan terjadi penurunan energi dan mood bahkan gangguan kemampuan berpikir. Ketika kekurangan air otak mengerut sementara. Otak pun harus bekerja lebih keras untuk hasil yang sama seperti layaknya otak normal. Info ini sebetulnya telah diangkat sebagai iklan salah satu merek air mineral sehingga masyarakat semakin menyadari pentingnya cukup minum.
Air berperan penting:
  • menjaga tekanan darah, sebab tingkat kepekatan darah tergantung pada kadar air tubuh. Jika darah semakin pekat maka kerja jantung makin berat. 
  • membantu pencernaan sehingga terhindar dari sembelit/konstipasi dan kembung
  • meningkatkan kemampuan mengingat  dan berkonsentrasi dengan mengaktifkan elektrolit yang ada di otak
  • menjaga kelembaban kulit
  • membantu metabolime lemak
  • menjaga kesehatan tulang dengan kandungan kalsiumnya.

Manfaat Minum Air Putih
Manfaat Minum Air Putih
 (http://promkes.kemkes.go.id/)

Tubuh kita kehilangan 2 samapi 3 liter air tiap hari melalui pernapasan, berkeringat, buang air kecil, dan buang air besar. Lalu bagaimana agar kebutuhan air sehari dapat dipenuhi selama ramadhan? 
Kita dapat mengikuti anjuran dari Kementerian Kesehatan sebagai berikut:
Aturan Minum Saat Puasa
Anjuran Minum Saat Puasa
 (http://promkes.kemkes.go.id/)
Yuk penuhi kebutuhan air tubuh kita!
Semoga Bermanfaat!

0 komentar:

Posting Komentar